Kunjungan Pabrik Deltomed – Wonogiri

Percik Keluarga, Wonogiri – Mendekati penghujung akhir tahun 2011 ini, tepatnya pada tanggal 8-9 Desember 2011, Bunda mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik PT Deltomed Laboratories di Wonogiri, Solo. Ya, Deltomed merupakan perusahaan yang memproduksi obat-obat herbal seperti Antangin, OB Herbal, Antalinu, Natur Slim, SrongPas, Pil Tuntas, dan Rapet Wangi. Melalui kunjungan ini, Deltomed ingin mengajak para media sebagai gerbang informasi publik untuk bekerja sama memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai standarisasi proses pengolahan obat herbal yang modern.

Kunjungan Pabrik Deltomed - Wonogiri, Solo

Sewaktu mendapat email dari Maurin – PR Consultant, dengan semangat menggebu langsung konfirmasi kesediaan ikut. Tapi mendadak pingsan ketika lihat itinerary kunjungan yang harus berkumpul di Bandara Soekarno – Hatta pukul 04.45 WIB. Catat penting, berarti Bunda harus naik Damri perjalanan pertama yakni pukul 03.00 WIB. Artinya, Bunda harus bersiap jam 01.00 WIB dan jalan menuju terminal Damri di Kayu Waringin, Bekasi pukul 02.00 WIB. Terbayang sudah.

Alhamdulillah, semua proses tersebut bisa Bunda lewati dengan melanjutkan tidur selama perjalanan menuju Bandara Soekarno – Hatta. Niat untuk melanjutkan tidur di pesawat pun sudah direncanakan namun kandas karena waktu tempuh Jakarta – Solo hanya sekitar 1 jam- terlalu singkat untuk jalur udara.

Kunjungan Pabrik Deltomed - Wonogiri, Solo

Sampai di Bandara Adi Soemarno- Solo, Bunda dan rombongan singgah di Soto Gading, Solo untuk mencicipi makanan soto yang terkenal di Solo. Di Soto Gading, makanan yang dimasak menggunakan arang sehingga memberikan rasa dan aroma yang khas – beda dengan soto pada umumnya. Apalagi, saat itu suasananya adem dan sejuk semakin menambah nikmat Soto Ayam dan Jeruk Hangat yang Bunda pesan.

Selesai makan, perjalanan dilanjutkan ke Pabrik Deltomed, Wonogiri. Sepanjang perjalanan, pemandangan yang terlihat sangat alami dan pedesaan banget. Oya, sempat melewati Museum Batik Danar Hadi juga tapi tak sempat berkunjung, mungkin lain kali.

Kunjungan Pabrik Deltomed - Wonogiri, Solo

Tiba di Pabrik Deltomed, langsung terkagum-kagum terlihat asri dan modern. Ruangan kerja dan pabrik begitu bersih, termasuk juga toiletnya loh. Bahkan, setiap toilet disediakan produk karbol wangi jadi bisa langsung disiram pas selesai dan harum lagi deh. Patut ditiru nih!

Setelah kata sambutan dari Mulyo Rahardjo, Managing Director PT Deltomed Laboratories dan Nyoto Wiyono, President Director, Bunda pun melanjutkan perjalanan mengelilingi komplek pabrik Deltomed. Pertama, dimulai dari proses produksi hingga packaging Antangi,lanjut ke produk lainnya seperti Pil Tuntas, Rapet Wangi, dan lainnya.

Kunjungan Pabrik Deltomed - Wonogiri, Solo

Puas melihat proses pengemasan produk, Bunda diantarkan ke ruang ekstraksi bahan-bahan baku herbal yang digunakan untuk ramuan produk. Di ruang tersebut terdapat mesin-mesin canggih dan modern buatan Jerman. yang menggunakan teknologi ekstraksi modern Quadra Extraction System dalam mengolah seluruh produk. Mesin baru buatan Jerman ini mampu menghasilkan ekstrak bahan alami dengan kualitas terbaik karena dapat mempertahankan khasiat dari zat herbal yang dibutuhkan dalam sebuah produk.

Kunjungan Pabrik Deltomed - Wonogiri, Solo

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan melihat proses pemilihan bahan baku. Kebetulan, waktu berkunjung, karyawan sedang memilah-milah bahan di area sortasi. Puas mengelilingi pabrik Deltomed, Bunda dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Solo lagi untuk check in di Hotel Ibis. Sebelumnya, Bunda singgah sejenak ke Toko Oleh-oleh Orion, Solo. Di sana, banyak aneka camilan. Berdasarkan rekomendasi, Bunda pun membeli Roti Mandarijn (bolu dua lapis yang enak banget), keripik emping, brem, dan abon sapi merek Varia yang terkenal asli daging sapi. Untuk abon, Bunda beli khusus untuk Luna yang lagi suka-sukanya sama abon.

Kunjungan Pabrik Deltomed - Wonogiri, Solo

Sampai di Hotel Ibis, Bunda makan malam di “Timlo Maestro” yang terletak Jl KH Ahmad Dahlan 35. Kata Maurin, rasa Timlo-nya enak dan segar, jadi patut dicoba dong. Bunda pun pesan Timlo Komplit dengan isi telur, ati ampela, dan sosis. Sempat kaget sih, yang dimaksud sosis di sini adalah semacam gulungan telur dadar, jadi beda dengan sosis yang Bunda bayangkan. Beda penamaan toh :D

Rencana, selepas makan malam rombongan mobil Bunda akan melanjutkan perjalanan keliling Kota Solo. Ya, sekadar melihat suasana malam dan kehidupan sekitar. Tapi, apa daya tugas sudah menanti yakni wawancara eksklusif dengan Mulyo Rahardjo untuk dijadikan profil di majalah. Jadi deh, rombongan tetap jalan-jalan dan Bunda stay dengan sang pemilik Deltomed.

Ya, begitulah perjalanan di hari pertama kunjungan ke Pabrik Deltomed di Wonogiri, Solo. Perjalanan yang sungguh menyenagkan dan memberikan kesegaran ditengah padatnya kesibukan Bunda bekerja. Meskipun perjalanan ini pun termasuk kerja, tapi bedalah ya kalau ke luar kota. Senang bisa wisata, membuka mata akan indahnya Indonesia, menambah wawasan, informasi, dan pengetahuan, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *