Trip #1: Kebun Binatang Ragunan

Percik Keluarga, Bekasi – Sejak merencanakan perjalanan ini, akhirnya Ayah Bunda memutuskan untuk ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Mengapa Kebun Binatang Ragunan? Ya, alasannya karena Luna sedang tertarik dengan aneka satwa. Khususnya gajah, jerapah, dan buaya menjadi pendorong utamanya.

Apalagi, sejak main games buaya-buayaan yang dipukulin di salah satu wahana permainan, Luna jadi suka bilang “Nda, ada uaya, atut” (Nda, ada buaya takut). Kadang, “Uaya, sana egi” (Buaya, sana pergi) atau “Uaya angan ukul” (buaya jangan dipukul). Jadilah, Ayah Bunda mempercepat rencana ini sebelum Luna genap 24 bulan (2 tahun) seperti yang direncanakan sebelumnya.

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tepatnya di Jalan R.M. Harsono No. 1 Ragunan (Telp. 062 21) 7820015. Dengan luas 140 hektar ini, merupakan alternatif wisata yang mudah dijangkau karena banyak dilalui oleh kendaraan umum. Kali ini, kami memutuskan untuk menggunakan angkutan umum 09 (Babelan – Stasiun Bekasi), kami turun di jembatan 45, lanjut menggunakan angkutan 45 sampai terminal Pulogadung, dan terakhir naik transjakarta Pulogadung – Dukuh Atas – Ragunan. Total biaya yang dikeluarkan untuk satu kali perjalanan adalah Rp 31.500 untuk 3 orang dewasa.

Sampai di KBR, kami cukup membayar tiket masuk Rp 4.000 (dewasa); Rp 3.000 (anak di atas 2 tahun); dan biaya asuransi Rp 500 per orang. Nah, total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 13.500 (3 orang dewasa + asuransi). Luna sendiri, tidak dikenakan biaya karena belum genap 2 tahun (23 bulan). Oya, jangan lupa untuk meminta peta lokasi KBR, karena memudahkan untuk mengatur rute yang diinginkan.

Di dalamnya terdapat banyak koleksi binatang sehingga memudahkan kami untuk memperkenalkan berbagai macam binatang. Di sini, Luna terlihat antusias karena bisa melihat secara langsung – karena sensasinya berbeda ketika melihat di televisi maupun DVD. Selain itu udaranya pun cukup sejuk dan teduh karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Pertama, Luna melihat Burung Pelikan yang merupakan burung air dengan kantung di bawah paruhnya. Jenis ini merupakan bagian dari keluarga burung Pelecanidae. Untuk makanannya sendiri adalah ikan, namun terkadang memakan amfibi dan crustacea. Tak lama, kami pun melanjutkan perjalanan lagi karena khawatir burung pelikan loncat melewati pagar pembatas karena ada salah satu pengunjung yang memberi makan pelikan dengan snack. Dimana, burung pelikan saling berebutan makanan hingga mendekati di pinggiran danau.

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Lanjut ke Taman Unggas. Duh, Luna berani sekali mendekati kandang burung-burung, Bunda sih teriak-teriak sambil mengajak Luna menjauh karena takut dipatuk :) . Sempat lihat Burung Merak yang melebarkan bulu ekor, terlihat indah sekali.

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Belok ke kanan sedikit, kami sudah sampai di kandang Harimau Sumatera. Luna ketakutan sekali ketika mendengar “aungan” si orange belang hitam. Jadi, kami tidak berlama-lama dan melanjutkan ke kandang Orang Utan dan Beruang. Sayang, sang Beruang tak kunjung tampak, mungkin sedang tidur nyenyak di gua :p

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Hoho, ternyata baru tersadar kalau kami belum ke kandang gajah, jerapah, dan buaya – seperti tujuan awal di atas. Lihat peta, kandang gajah tidak terlalu jauh, hanya saja matahari sedang terik jadi terasa panas sekali. Puas, bisa lihat gajah yang besar-besar. Ternyata, setelah diamati, gajah memiliki kemampuan untuk memilah rumput yang kering dan layak dimakan loh.

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Di sebelah kandang gajah, ada kandang komodo yang tengah hit dengan #New7Wonders. Sempat juga lihat beberapa rusa.
Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Lanjut cari kandang jerapah. Cari sana-sini, yang terlihat hanya sekelompok zebra. Oh ternyata, si jerapah sedang di dalam rumahnya yang teduh. Karena penasaran ingin melihat jerapah, kami pun menggelar tikar di depan kandang jerapah, pas jerapah keluar, kami langsung jeprat-jepret :D

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Terakhir, melanjutkan perjalanan ke kandang buaya. Lihat peta dan ternyata kandang jerapah dengan buaya berada di dua sisi yang berbeda. Sempat memutuskan untuk pulang saja karena cuaca sudah mendung bahkan gerimis kecil-kecil. Tapi, ayah dengan semangat tetap ingin memperlihatkan buaya kepada Luna. Akhirnya, sampai juga ke kandang buaya yang berada di bawah – nyaris tak terlihat ;(

Luna Trip - Kebun Binatang Ragunan

Ya, begitulah sepenggal cerita kami ke Kebun Binatang Ragunan. Perjalanan yang menyenangkan. Sayang, karena sudah sore dan mendung, kami tak sempat ke Pusat Primata Schmutzer. Mungkin, ini akan menjadi tujuan wisata kami nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *